Sabtu, 24 September 2011

Berlian Langka Ini Terjual Rp 410 Miliar



JENEWA, KOMPAS.com - Berlian ungu langka meraih harga 45,44 juta franc Swiss (45,75 juta dolar AS), Selasa (16/11/2010) dua kali lebih besar dari catatan sebelumnya.
"Berlian ungu ini memecahkan rekor harga batu mulia paling mahal yang pernah dijual dalam lelang," kata rumah lelang Sotheby's.
Permata ungu yang berbentuk bujur sangkar tersebut, yang berbobot 24,78 karat dan berukuran sebesar pinball, menjadi bintang di antara 550 blok penjualan permata semesteran di Jenewa.
Pedagang permata Laurence Graff adalah pembelinya. Ia menyampaikan kenawaran lewat telepon, kata David Bennet, kepala bagian permata Sotheby’s di Eropa dan Timur Tengah, saat ia mengetukkan palu.
"Kelihatannya seperti champagne ungu," kata Bennet sebelum penjualan itu kepada Reuters.
Batu mulia tersebut, yang dibeli dari pedagang permata Amerika Harry Winston 60 tahun lalu oleh pemilik yang tak disebutkan jatidirinya dan menyerahkannya kepada balai lelang di kota Swiss, sebelum penjualan diperkirakan akan lagu dengan harga 27-38 juta dolar AS.
Sebelumnya, permata paling mahal di dunia yang dijual dalam lelang adalah permata biru Wittelsbach, batu abad 17 dengan bobot 35,56 karat dan mencapai harga 24,3 juta dolar AS pada Desember 2008 di pesaing Sotheby’s, Christie’s.
Permata itu juga dibeli oleh Graff dari Graff Diamonds, yang belakang memoles kembali permata tersebut dan menamakannya Wittelsbach-Graff Diamond.

0 komentar:

Posting Komentar